Minggu, 02 September 2012

Release Bearing Avanza Abnormal



Avanza M/T
 
1.   Bunyi Abnormal pada Release Bearing ketika Kendaraan Idling

1.1 Keluhan Problem/ Gejala
Pelanggan mengeluhkan terdengar bunyi kerr..kerr.. pada bagian bawah kendaraan ketika kendaraan sedang idling dan bunyi ini akan hilang jika pedal kopling ditekan. Bunyi tidak terdengar lagi saat kendaraan berjalan.
1.2 Konfirmasi Gejala
Bunyi abnormal akan terdengar pada saat pedal kopling tidak diinjak (free) dan akan hilang pada saat pedal kopling diinjak.
1.3 Pemeriksaan
Membedakan bunyi transmisi dengan bunyi sistem kopling.
1.3.1    Injak pedal kopling penuh kemudian masukan tuas transmisi pada posisi gigi mundur (jangan sampai penuh / mengambang)
1.3.2    Lepas pedal kopling secara perlahan >  bunyi terdengar menjadi dua  :
a.       Bunyi Transmisi (krekek…2x seperti perkaitan antar gigi yang tidak sempurna).
b.      Bunyi Clutch system (cek….2x seperti mulai berkaitan antara clutch dengan flywheel).

1.4 Penyebab Problem
Berdasarkan investigasi yang sudah dilakukan pada part bekas yang dikeluhkan bunyi, ditemukan adanya karat pada ball raceway dan berubahnya warna grease karena adanya kandungan air pada grease. Kondisi-kondisi tersebut menyebabkan putaran release bearing tidak lembut dan akhirnya menimbulkan bunyi. 

Karena adanya celah antara Fr seal dengan outer race dan Rr shield panel dengan inner race. Ketika ada air di area rumah kopling, air dapat masuk ke dalam release bearing. Akibatnya, hal ini membuat karat pada ball raceway dan merusak grease. Kondisi ini yang menyebabkan release bearing bunyi saat berputar.
1.5 Langkah Perbaikan
Mengganti release bearing.
1.6  Hasil Perbaikan
Bunyi hilang, dan keluhan customer teratasi.

1 komentar: